top of page

Jenis Infrastruktur yang Dibutuhkan Indonesia


Infrastruktur biasanya dibuat atau dibangun oleh pemerintah indonesia dengan cara mengumpulkan hasil dari pembayaran pajak masyarakat. Infrastruktur ini merupakan fasilitas publik yang memang digunakan oleh masyarakat, agar mempermudah akses suatu kegiatan yang ingin dicapai. Selain itu, banyaknya tantangan bagi pemerintah untuk meningkatkan fasilitas sarana dan prasana yang harus disiapkan, agar negara ini tidak tertinggal dengan negara lain. Adapun terdapat beberapa jenis infrastruktur indonesia yang dibutuhkan.

1. Keras

Infrastruktur keras ini merupakan infrastruktur yang banyak berkaitan dengan kepentingan yang umum pada masyarakat. Biasanya infrastruktur ini dibangun guna untuk kepentingan sehari-hari yang digunakan oleh masyarakat luas. Untuk aktivitas mereka. Jika mereka akan pergi ke kantor, bisa memanfaatkan kereta api untuk akses perjalanannya. Selain itu, dibutuhkannya got untuk mengurangi genangan air. Kedua contoh itu merupakan jenis dari infrastruktur keras yang ada di negara ini.

2. Keras non fisik

Infrastruktur keras non fisik ini merupakan salah satu infrastruktur yang keras dan tidak memiliki fisik yang jelas dan sangat berguna untuk mendukung kebutuhan publik. Infrastruktur ini sangat dirasakan ketika digunakan bersama-sama. Misalnya air bersih. Air bersih ini selalu digunakan oleh seluruh masyarakat untuk kelangsungan hidupnya. Jaringan komunikasi seperti internet, hal ini jga sangat berguna oleh kalangan masyarakat, agar bisa mengakses berbagai berita.

3. Lunak

Infratsruktur ini biasnya dibangun dengan memperhatikan nilai-nilai norma yang ada di negara indonesia ini. Biasanya infrastruktur ini berkaitan erat dengan pelayanan pelayanan keamanan seperti pelayanan polisi, pelayanan pengiriman surat dan pelayanan lainya yang disesuaikan dengan norma hukum dan perundang-undangan dinegara ini. Serta kualitas pelayanan umum yang disediakan oleh berbagai pihak yang terkait dalam pemerintahan indonesia.

Dengan adanya berbagai akses, masyarakat akan lebih mudah untuk memanfaatkan infrastruktur yang ada di negara ini, dengan adanya akses dan fasilitas, negara ini akan semakin berkembang dalam hal perekonomian, bisnis maupun kegiatan usaha lainnya. Jadi masyarakat harus pintar untuk menggunakan dan memanfaatkan fasilitas publik yang sudah ada.


RECENT POST
bottom of page